Senin, 18 Juli 2016

Notasi Catur

Notasi catur adalah metode untuk mendeskripsikan gerak yang dilakukan dalam sebuah permainan catur.
Ada dua cara untuk menuliskan notasi catur, antara lain notasi deskriptif dan notasi aljabar. Namun yang akan saya terangkan kali ini hanya mencakup notasi aljabar saja.

Notasi Aljabar

Notasi ini muncul dalam berbagai bahasa, dan berlandaskan sistem yang dikembangkan oleh Philipp Stamma. Ia menggunakan nama bidak yang modern. Notasi ini telah resmi digunakan dalam organisasi-organisasi catur dan buku, majalah dan koran. Artikel ini akan menjelaskan notasi aljabar yang standar yang diperlukan oleh FIDE.

Menamakan Persegi Dalam Papan Catur

Persegi-persegi dalam papan catur diberi nama oleh sepasang koordinat-sebuah huruf dan sebuah angka. Kolom untuk bidak putih dimulai dari papan catur bagian kiri yaitu kolom A (Bagian Ratu) sampai dengan papan catur bagian kanan yaitu kolom H (Bagian Raja). Sedangkan untuk bidak hitam kebalikan dari pernyataan diatas. Dilanjutkan dengan baris dimulai dari bagian putih (1) ke bagian hitam (8).

Menamakan Bidak Dalam Permainan Catur

Bidak-bidak dalam permainan catur diidentifikasi oleh sebuah huruf kapital, biasanya huruf pertama dalam nama bidak catur. Ini mencakup semua bahasa yang dikuasai pemain tersebut. Dalam bahasa Inggris menggunakan huruf K untuk King, Q untuk Queen, R untuk Rook, B untuk Bishop, dan N untuk kNight (karena K sudah digunakan).

Bahasa lain bisa menggunakan huruf yang lain, contohnya, pemain catur dari Perancis menggunakan huruf F untuk peluncur (dari fou). Contoh lainnya pemain catur dari Indonesia mungkin menggunakan huruf R untuk raja, M untuk menteri (ratu), B untuk benteng, G untuk gajah (peluncur), dan K untuk kuda.

Notasi Untuk Gerakan yang Dilakukan

Setiap gerakan digambarkan dengan huruf kapital dari bidak tersebut, ditambah dengan koordinat persegi yang dituju. Contohnya, Be5 (gerakkan peluncur ke e5), Nf3 (gerakkan kuda ke f3), c5 (gerakkan pion ke c5-tidak ada huruf kapital didepannya karena gerakan pion).

Tangkapan

Jika bidak tersebut memakan(menangkap) bidak yang lain, “x” disisipkan sebelum koordinat persegi yang dituju. Contohnya, Bxe5 (Peluncur menangkap bidak yang ada di e5). Ketika pion melakukan tangkapan, maka kolom keberangkatan pion yang menangkap yang digunakan untuk menggambarkan pion tersebut. Contohnya, exd5 (pion yang berada pada kolom e menangkap bidak yang berada di d5). Ada juga yang menggunakan titik dua (:) untuk menggantikan “x” yang sama penggunaannya seperti “x” atau disisipkan pada akhir gerakan tersebut. Contohnya (B:e5) atau (Be5:).

Jika pion melakukan en passant, maka kolom keberangkatan pion yang menangkap dan (pilihan) tambahan “e.p” yang mengindikasikan bahwa penangkapan tersebut adalah en passant. Contohnya, exd6e.p.

Disambiguasi Gerakan

Jika ada dua/lebih bidak yang sama yang dapat digerakkan pada tempat yang sama, maka diidentifikasikan dengan cara:
  1. Menentukan kolom keberangkatan (jika berbeda)
  2. Menentukan baris keberangkatan (jika berbeda)
  3. Menentukan kolom dan baris keberangkatan (jika salah satu dari keduanya tidak dapat mengidentifikasi bidak tersebut).


Contohnya, jika ada dua kuda di g1 dan d2 dan mereka bisa pergi ke f3, maka gerakan tersebut dideskripsikan sebagai  Ngf3 (jika kuda yg berada di g1 ke f3) atau Ndf3 (jika kuda yg berada di d2 ke f3). Dengan kuda yg berada di g5 dan g1, dideskripsikan sebagai N5f3 atau N1f3. Sebagaimana telah dicontohkan diatas, “x” bisa disisipkan untuk menandakan tangkapan, contohnya N5xf3.

Contoh lainnya: dua benteng  di d3 dan h5, yang salah satunya bisa ke petak d5. Jika benteng yang berada di d3 bergerak ke d5, bisa dituliskan dengan Rdd5 atau R3d5, tetapi kolom lebih diutamakan daripada baris, jadi yang benar adalah Rdd5. (Dan juga jika gerakan tersebut menangkap bidak lain, yang benar Rdxd5).

Promosi Pion, Tawaran Draw, Rokade, Skak dan Skakmat, Akhir Permainan
Ketika pion menuju ke baris terakhir dan dipromosikan, promosi yang didapat ditaruh di akhir notasi. Contohnya: e8Q

Dalam Hukum Catur FIDE, simbol sama dengan beserta tanda kurung “(=)”  dituliskan untuk menawarkan draw, tetapi ini bukanlah bagian dari notasi aljabar.

Rokade (Roker) diindikasikan dengan notasi 0-0 (untuk roker sisi raja) dan 0-0-0 (untuk roker sisi ratu)

Untuk skak, dituliskan tanda + diakhir notasi. Sedangkan untuk skakmat, dituliskan tanda #.
Contoh:  1. d4 f5 2. Bg5 h6 3. Bf4 g5 4. Bg3 f4 5. E3 h5 6.Bd3 Rh6 7. Qxh5 Rxh5 8. Bg6#

Ketika akhir permainan, dapat ditemukan notasi 1-0 (jika bidak putih yang menang) atau 0-1 (jika bidak hitam yang menang) dan ½-½ untuk menandakan draw.

NOTASI UNTUK BEBERAPA GERAKAN
Biasanya dituliskan dalam dua macam yaitu:
  1. Menggunakan dua kolom, didahului oleh nomor gerakan
Teks Vertikal
  1. e4 e5
  2. Nf3 Nc6
  3. Bb5 a6
Teks Horizontal:
1.e4 e5 2. Nf3 Nc6 3. Bb5 a6

Gerakan boleh disisipkan komentar. Ketika dilanjutkan oleh bidak hitam, elipsis (...) digunakan untuk mengisi posisi bidak putih, contohnya:

1. e4 e5 2. Nf3
Bidak putih menyerang pion-e hitam.
2... Nc6
Bidak hitam mempertahankan pion-e nya sekaligus mengembangkan buahnya.
3. Bb5
Bidak putih memainkan Ruy Lopez.
3... a6
Bidak hitam memilih Pertahanan Morpy.

SIMBOL KOMENTAR
Walaupun bukan bagian dari notasi aljabar, contoh ini adalah contoh umum yang sering digunakan oleh komentator untuk memberikan komentar pada suatu gerakan.
!!   (gerakan sangat bagus)
!   (gerakan yang bagus - dan biasanya mengejutkan)
!?   (gerakan yang menarik tetapi mungkin bukan gerakan yang terbaik)
?!   (gerakan yang ragu yang mungkin menjadi buruk)
?   (gerakan yang buruk)
??   (gerakan yang keliru)
+/-   (keuntungan bidak putih yang jelas)
+/=   (posisi bidak putih yang sedikit baik)
=   (posisi yang sama antara bidak putih dan hitam)
=/+   (posisi bidak hitam yang sedikit baik)
-/+   (keuntungan bidak hitam yang jelas)
□   (gerakan yang satu-satunya)

Simbol yang dipilih cukup disisipkan di akhir notasi, contohnya 1. d4 e5?!

Demikian pembelajaran notasi catur ini, semoga bermanfaat.

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Algebraic_notation_(chess)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar