Rabu, 06 Juli 2016

En Passant dan Promosi

En Passant dan promosi adalah sebuah gerakan di catur yang melibatkan sebuah pion. En passant berasal dari bahasa Perancis yang jika diterjemahkan ke bahasa Inggris, yaitu "in passing" yang berarti sambil lalu.
Gerakan ini adalah gerakan tangkapan, dimana gerakan ini bisa menghalangi pion lawan yang belum bergerak sama sekali.
Sedangkan promosi adalah gerakan untuk mempromosikan pion menjadi bidak lain (selain raja)



Banyak pemula dan pemain amatir yang belum mengetahui gerakan en passant, bahkan ketika saya melakukan en passant, teman-teman saya pada bengong, hehe.
Nah, saya akan menjelaskan gerakan en passant dan promosi dibawah ini. Simak baik-baik!

Asal Usul En Passant


Gerakan ini diperkenalkan di abad ke 15 ketika pion dapat bergerak dua petak sekaligus. Peraturan ini mencegah pion bergerak dua petak sekaligus tanpa resiko ditangkap oleh pion lawan.

Peraturan En Passant


Peraturan untuk membuat gerakan ini, yaitu:

  1. Pion yang akan melakukan en passant harus berada di baris kelima dari pemain tersebut.
  2. Pion yang akan ditangkap harus berada di kolom yang berdekatan dengan pion yang melakukan en passant.
  3. Pion yang akan ditangkap harus memajukan pionnya dua langkah dalam satu kali gerakan.
  4. Gerakan ini harus segera dilakukan setelah lawan memajukan pionnya dua langkah, jika tidak maka hak untuk melakukan en passant akan hilang.
Gerakan en passant ini tidak harus dilakukan. Gerakan ini boleh dilakukan, boleh juga tidak. Hanya pion yang bisa melakukan dan ditangkap dengan cara en passant. En Passant bisa dilakukan lebih dari satu kali, dengan pion yang berbeda.

Cara Melakukan En Passant


Di bawah ini adalah gambar untuk menjelaskan cara melakukan en passant.


Dalam gambar ini, pion Hitam berada di posisi awalnya, sedangkan pion putih sudah berada di baris kelima. Jika pion hitam bergerak ke f6, maka seperti biasa pion putih dapat menangkapnya. Mari kita lihat gambar berikutnya...

Pion Hitam bergerak ke petak f5. Seperti yang anda lihat, pion putih tidak bisa menangkap pion hitam tersebut. Tetapi, pemain Putih dapat melakukan en passant!


Pion Putih sudah menangkap pion Hitam dengan gerakan en passant, pion Putih menangkapnya seolah-olah pion Hitam bergerak ke f6.

Jika digunakan dengan baik, maka en passant akan berguna bagi taktik anda. Selanjutnya, kita akan membahas tentang promosi.

Promosi


Sama seperti en passant, promosi juga merupakan gerakan yang melibatkan sebuah pion. 
Karena pion tidak bisa bergerak ke belakang, maka jika pion tersebut mencapai baris terakhir dari pemain tersebut, pion tersebut dipromosikan menjadi kuda, peluncur, benteng, atau ratu dengan warna yang sama.
Pion tidak bisa dipromosikan menjadi raja, karena tidak mungkin kita memiliki dua raja, yang satu kena skakmat, terus kita masih bisa bermain dengan satu rajanya lagi. Itu namanya curang.

Pilihan bidak tidak terbatas pada bidak yang sudah ditangkap. Kita bisa memiliki 2 ratu, 3 peluncur, 4 benteng, bahkan 9 ratu! 

Promosi tidak harus dilakukan segera seperti en passant, dan pion yang bergerak ke baris ke-8 dari pemain tersebut HARUS mempromosikan pionnya, tidak boleh tetap menjadi pion.

Peraturan Promosi

Promosi dapat dilakukan jika:
  1. Pion yang akan dipromosikan berada di baris ke-7 dari pemain tersebut.
  2. Tidak ada bidak yang berada didepan pion tersebut.
  3. Pion tersebut harus dilangkahkan ke baris yang ke-8.

Cara Melakukan Promosi

Dibawah ini adalah cara untuk melakukan promosi:


Pion yang ada diatas (baris ke-7) siap untuk melakukan promosi.


Seperti yang disebutkan diatas, kita dapat memilih antara ratu, benteng, peluncur, dan kuda. Kali ini saya akan mempromosikannya ke ratu.

Pion sudah dipromosikan menjadi ratu.

Peraturan Turnamen

Dalam peraturan yang dibuat oleh FIDE (organisasi catur dunia), prosedurnya adalah memajukan pion ke petak promosi, lalu menggantinya dengan bidak yang anda mau (tentunya bukan raja, hehe). 

Sekarang, sudah dibolehkan mengambil pion tanpa memajukan ke petak promosi, lalu pada petak promosi, diletakkan bidak yang anda mau. Kita juga dapat meletakkan bidak promosi terlebih dahulu (di petak promosi), lalu mengeluarkan pion dari papan catur yang ada. Dulunya, gerakan tersebut tidak sah.

Jika ingin mempromosikan pion dan bidak yang diinginkan tidak ada, maka pemain tersebut harus menghentikan jam caturnya, dan memanggil wasit untuk menyediakan bidak yang diinginkan.

Demikian, artikel tentang en passant dan promosi, tunggu artikel selanjutnya ya. 

3 komentar:

  1. Promosi pion apakah berlaku apabila pion di posisi 7 makan pejabat di posisi 8. Jadi halannya ke samping???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya itu tetap berlaku, contohnya pion di g7, lalu bidak lawan di h8. Pion tersebut bisa makan lalu promosi di h8, atau langsung maju ke g8 promosi tanpa makan.

      Hapus
  2. apakah Pion akan di promosikan mnjadi ratu dan lnsung skak sdgkankan lawan belom menggerakkan buah caturnya..

    BalasHapus