Jumat, 01 Juli 2016

Deskripsi Singkat Tentang Catur

Siapa yang tidak mengenal catur? Hampir semua orang menyukai permainan ini. Permainan ini dapat dimainkan oleh semua kalangan, baik muda maupun tua. Permainan ini memiliki sejarah yang panjang sekali (waktunya) menurut saya, dan kali ini akan saya jelaskan dalam artikel ini.

Catur adalah permainan yang dimainkan oleh dua orang, diatas papan catur yang memiliki 64 kotak dan memiliki ukuran 8x8. Ada dua warna bidak yang dapat dimainkan, yaitu bidak putih dan bidak hitam. Pemain dengan bidak putih selalu memulai langkah pertama, dilanjutkan dengan bidak hitam dan seterusnya hingga permainan selesai.

Sejarah Catur

Catur diyakini berasal dari India yang pada saat itu dinamakan caturangga yang berarti empat sudut. Dulunya di India, catur ini memang dimainkan oleh empat orang di sudut yang berbeda. Kemudian di Persia, catur diserap dalam bahasa Persia menjadi shatranj, lalu disingkat menjadi shah kemudian diserap dalam bahasa Inggris menjadi chess.

Penyusunan Arena Permainan

Papan Catur

Seperti yang saya katakan tadi, papan yang digunakan untuk bermain catur adalah papan yang memiliki 64 kotak dan memiliki ukuran 8x8. Warna kotak-kotak pada papan catur adalah hitam dan putih secara berselang-seling. Biasanya pada papan catur juga ada angka dan huruf disamping arena permainannya. Angka 1-8 menandakan baris petak dan huruf  A-H menandakan kolom petak.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh9eGKqbrNHsiyi9y2BiQPexSy_GhPoyDnJ6tOJqaNWzXZ-ixcs_23TGnkMK_lInsvoHrkncQqZeamtnGZOHTOncMcHIPH_iNCNAPiEvE_HbntiHwflXh4Mdz4Bwpk4tpV7_Kx6h33_Cl8/s1600/
Papan disusun sedemikian rupa sehingga kotak yang berada di ujung kanan paling bawah pemain adalah warna putih. Gambar diatas merupakan letak papan catur bagi pemain bidak putih.
Untuk pemain bidak hitam, tampilannya sama, kecuali kolom A-H dimulai dari kanan ke kiri, dan baris 1-8 dimulai dari nomor 8 sampai ke atas, yaitu nomor 1.

Bidak-bidak

Setiap pemain mengontrol 16 bidak, diantaranya 8 pion, 2 benteng, 2 kuda, 2 peluncur/gajah, 1 raja, dan 1 ratu. Setiap bidak hanya dapat menempati satu petak. Letak bidak-bidaknya dapat dilihat dari gambar dibawah ini.


  • 8 pion diletakkan di baris kedua dari pemain.
  • Kedua benteng diletakkan di ujung papan catur.
  • Kedua kuda diletakkan di samping benteng.
  • Kedua peluncur/gajah diletakkan di samping kuda.
  • Ratu diletakkan di tengah yang warna petaknya sama dengan warna bidak yang kita pegang.
  • Raja diletakkan di samping ratu.

Gerakan Bidak-bidak

Sebelum bermain, biasanya kita akan memilih warna bidak yang akan kita mainkan. Bidak putih memulai langkah, dilanjutkan dengan bidak hitam. Setiap gerakan harus dibuat satu kali setiap gilirannya. Hanya ada satu bidak yang digerakkan tiap langkah, kecuali gerakan rokade. Bidak digerakkan ke petak kosong, atau yang ditempati oleh bidak lawan, yang berarti menangkapnya dan dikeluarkan dari permainan, kecuali gerakan en passant.
Setiap bidak bergerak dengan caranya sendiri sebagai berikut:

  • Raja dapat bergerak satu petak ke segala arah. Raja juga memiliki gerakan khusus yang disebut rokade yang turut melibatkan sebuah benteng.
  • Benteng dapat bergerak sepanjang petak horizontal maupun vertikal, tetapi tidak dapat melompati bidak lain. Seperti yang telah dikatakan di atas, benteng terlibat dalam gerakan rokade.
  • Peluncur/Gajah dapat bergerak sepanjang petak secara diagonal, tetapi tidak dapat melompati bidak lain.
  • Ratu memiliki gerakan kombinasi dari Benteng dan Peluncur/Gajah.
  • Kuda memiliki gerakan mirip huruf L, yaitu memanjang dua petak dan melebar satu petak. Juga dapat memanjang satu petak dan melebar dua petak. Kuda hanya satu-satunya bidak yang dapat melompati bidak-bidak lain.
  • Pion dapat bergerak maju (arah lawan) satu petak ke petak yang tidak ditempati. Pada gerakan awal, pion dapat bergerak maju dua petak. Pion juga dapat menangkap bidak lawan secara diagonal, apabila bidak lawan tersebut berada satu petak di diagonal depannya. Pion memiliki dua gerakan khusus, yaitu gerakan menangkap en passant dan promosi.
Bagian Rokade, En Passant, dan Promosi akan dibahas pada artikel selanjutnya. 
Simple bukan? Demikianlah deskripsi singkat tentang catur ini, mudah-mudahan dapat membantu bagi pemula yang berminat bermain catur ini. 
Jika ada yang perlu ditanyakan, silahkan tanya melalui kolom komentar dibawah ini. Sekian, terima kasih!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar