Minggu, 08 Juli 2018

Benda-benda yang Dibutuhkan untuk Menjadi Seorang Pecatur (Serius)

Dalam setiap kegiatan, kita pasti membutuhkan benda. Seperti pena/pensil untuk menulis, cangkir/gelas untuk minum, dan lain-lain. Tentunya dalam perkembangan kita sebagai pecatur, kita juga membutuhkan beberapa benda. Apa saja barang-barang itu?

Perhatian: Artikel hari ini tidak disponsori oleh siapapun!😁



Benda Nomor 1 : Papan Catur


Tentu saja, benda ini adalah benda yang HARUS dimiliki jika ingin bermain catur. Kecuali Anda hanya ingin bermain catur di komputer atau main catur buta. Papan catur memiliki berbagai macam ukuran, warna dan jenis. Ada jenis papan magnetik, papan kayu, papan plastik, papan vinyl, dll. Sedangkan ukuran papan catur ada yang sangat kecil, sampai ada papan catur yang dibuat khusus untuk taman-taman kota atau halaman belakang rumah! 

Tidak ada ukuran yang standar untuk papan catur jika Anda hanya seorang penghobi catur. Ukuran apapun boleh. Namun, ada standar untuk papan catur yang digunakan di turnamen. Jadi, jika Anda berencana untuk mengikuti turnamen yang mengharuskan Anda membawa papan catur, silakan beli di toko catur terdekat atau beli secara online. Kenapa harus toko catur? Karena biasanya mereka menjual papan catur yang sudah standar.

Ukuran petak-petak pada catur standar antara 50-65 mm. Warna petak-petak pada papan catur harus warna terang dan warna gelap, contoh : putih-hitam, putih-hijau, putih-merah, dll.

Benda Nomor 2 : Bidak catur

Ini benda kedua HARUS dimiliki oleh seorang pecatur. Dan lagi, bidak catur memiliki berbagai macam ukuran, warna dan jenis. Syarat bidak catur adalah : 
  • Ukuran bidak catur pas dengan petak papan catur.
  • Bidak-bidak yang ada harus bisa dibedakan, jangan memilih set bidak yang bidak Gajahnya mirip Ratu, bidak Benteng mirip pion, dll.
  • Warna harus terang-gelap, contoh putih-hitam, silver-hitam, dll.
Biasanya bidak catur dijual bersama dengan papan catur, jadi Anda tidak perlu khawatir apakah bidak catur yang Anda beli sesuai dengan papan caturnya.

Jenis bidak catur yang umum digunakan di seluruh dunia adalah bidak jenis Staunton. Mengapa? Memiliki keseimbangan yang baik dan bidak-bidaknya mudah dikenali adalah alasan mengapa bidak jenis Staunton populer di kalangan pecatur. 

Bidak kayu jenis Staunton - Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Staunton_chess_set

Benda Nomor 3 : Jam Catur

"Jam Catur? Emang ada yah?"

Jam catur bukanlah suatu hal yang diharuskan bagi yang hanya hobi catur. Tetapi, jika Anda ingin mengikuti turnamen yang mengharuskan Anda membawa jam catur, pergilah beli satu. Beli yang kecil seperti punya saya juga tidak apa-apa.


Jam catur milik saya - Sumber : saya sendiri

 Bagaimana cara mengoperasikan dua stopwatch 'mundur' ini?
Gampang sekali. nggak susah kok. Cukup nyalakan, atur settingan jamnya mau berapa menit, tekan tombol mulai, lalu kalau sudah selesai melangkah cukup tekan tombol putih yang diatas. Jika masih tidak mengerti, ada kertas panduan cara mengoperasikan jam catur di setiap paket jam catur ini.

Ada dua jenis jam catur, yaitu jam mekanik dan jam elektronik. Jam elektronik seperti pada gambar diatas. Jam mekanik seperti pada gambar berikut : 

Jam catur mekanik - Sumber : amazon.com

Yang mana kesukaan saya? Ya jam catur elektronik lah!
Lebih gampang dibaca, tidak membuat suara tik-tok, bisa tambahin delay atau increment

Jam catur bisa Anda beli di toko catur terdekat atau secara online. Namun jika Anda nggak punya duit dan ingin menyelenggarakan turnamen sekolah/tempat kerja kecil-kecilan, Anda bisa menggunakan aplikasi Chess Clock yang tersedia di smartphone Anda. 

Benda Nomor 4 : Buku/Lembar Notasi Catur

Dan lagi, jika Anda hanya hobi catur, Anda tidak butuh barang ini. 

Jika Anda adalah seorang pecatur yang bermain di turnamen, besar kemungkinan Anda diminta mencatat notasi catur. Mereka (penyelenggara turnamen) biasanya memberikan secarik kertas notasi catur. Jika tidak diminta, Anda bisa membawa sendiri buku/lembar notasi catur untuk mencatat notasi Anda sendiri. Saya menggunakan buku lama sekolah saya untuk mencatat notasi ketika saya bermain dengan teman-teman saya. Tujuannya? Agar saya dapat menganalisa partai-partai catur saya.


Buku dan Lembar Notasi Catur - Sumber : saya sendiri

Jika Anda ingin mencetak lembar notasi catur saya, saya berikan link dibawah (Gratis!) :
https://drive.google.com/open?id=1zNBYDkOqVRmH9Z-Iadyk5iYQmUnUcxbA


Atau jika Anda malas seperti saya, ambil buku baru/lama terus dipakai buat nyatat notasi juga tidak apa-apa.


Benda Nomor 5 : Buku Catur

Jika Anda ingin berkembang di permainan catur, Anda bisa membaca buku-buku catur agar wawasan catur bertambah. Buku-buku ini biasanya berisikan tentang materi pembukaan, babak tengah, babak akhir, taktik, strategi, dll. Buku catur yang saya punya yaitu Basic Chess Endings karya Reuben Fine dan dua Majalah Perjuangan Catur Nasional Indonesia edisi ke tiga dan ke lima. 

Dimana belinya? Biasanya toko catur menyediakan banyak buku-buku catur, silakan cari disana. Gramedia? Saya pernah cari di tempat saya, hasilnya nihil. Ga ada uang? Tidak masalah, cari saja PDF buku catur yang ada di Internet.


Jadi, saran saya, belilah benda-benda tersebut, dan mulai perjuangan Anda untuk menguasai catur! Atau beli papan dan bidak catur jika Anda hanya ingin bermain catur saja. 


Pengumuman : 
Saya telah membuat kanal di youtube, silakan subscribe dan tonton video saya di https://www.youtube.com/channel/UC-MCj4qfHqrAFpdOhOfKKzw?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar