Sabtu, 24 Maret 2018

Lima Hal Dasar dalam Catur

Catur adalah permainan yang mengandalkan informasi, yang membedakannya dari permainan-permainan lain. Walaupun begitu, catur juga mengandalkan keberuntungan, tetapi peranannya kecil, sehingga kurang bisa diandalkan
(Masa iya main catur andalin luck terus?). Semakin banyak dan berkualitas informasi yang dikuasai, maka makin besar peluangnya untuk menang. Artikel ini akan memberikan lima hal dasar yang perlu kamu pahami supaya Anda bisa keluar dan memenangkan beberapa partai catur.


  • Pembukaan (The Opening)

Pembukaan partai catur mempengaruhi seluruh proses bermain catur. Pembukaan yang dimainkan secara benar dapat meningkatkan kesempatan menang seseorang. Itulah mengapa banyak yang mengatakan "kembangkan bidak-bidak Anda", "kuasai petak tengah", dst. Ketika Anda mulai melakukan hal tersebut, Anda bisa melakukan rencana Anda dengan cukup lancar. Pembukaan yang baik sebaiknya mematuhi hal-hal tersebut. Tetapi tak jarang seseorang memainkan pembukaan yang kurang memperhatikan hal tersebut. Contohnya, Pembukaan Grob.

Tetapi inti dari catur, adalah bersenang-senang. Apakah Anda ingin menjadi seorang master pembukaan Grob, atau pembukaan yang mematuhi hal-hal tersebut, seperti pembukaan e4 atau d4. Tidak ada pembukaan yang tidak bagus. Semuanya bagus dan unik kok.

Walaupun demikian, seorang pemula sampai pemain tingkat menengah, sebaiknya jangan terlalu mendalami langkah-langkah pembukaaan. Sebaiknya alokasikan waktu tersebut untuk mendalami aspek-aspek catur lainnya. Tetapi tak salah apabila kita ingin mempelajari beberapa langkah dasar suatu pembukaan tertentu, asal jangan berlebihan. Pembukaan ada salah, masih bisa diperbaiki di tahap selanjutnya.

  • Tahap Tengah (Middlegame)

Tahap ini penting. Penting untuk melakukan manuever-manuever tertentu untuk mendapatkan keuntungan, baik skala kecil maupun skala besar. Banyak ide-ide brilian yang Anda bisa pelajari dalam tahap ini yang sudah dipraktekkan oleh Grand Master zaman old dan zaman now. Usahakan pelajari banyak ide-ide tersebut, terkadang ada posisi di mana ide tersebut dapat berlaku sehingga Anda dapat memainkannya dengan baik. Sangat berguna juga untuk kreatif dalam babak ini (kreatifnya jangan terlampau lebih ya, kalkulasikan dengan baik).

Intinya, Anda harus tahu cara menyerang, bertahan, dan menyerang balik, karena hal tersebut dapat membuat partai bagus, atau... sebaliknya. Tetapi, Anda mungkin masih bisa menyelamatkan partai Anda di tahap akhir jika Anda melakukan kesalahan kecil. (kalau fatal, bisa auto lose tuh)



  • Tahap Akhir (Endgame)
Oke, ini tahap yang sangat sangat penting bagi pemula. Disarankan untuk mempelajari babak akhir, karena inilah babak terakhir, dan Anda tidak bisa menyelamatkan partaimu lagi jika Anda tidak bisa menyelamatkan babak ini. Pelajari dasar-dasarnya, lalu praktekkan. Beberapa mat dasar dalam babak ini yakni: Raja + Ratu / Benteng / Dua Benteng / Dua Peluncur/ Pion lawan Raja. Jika Anda gak bisa skakmat dasar itu, kan ga bisa menang, udah gitu malu-maluin lagi.

Setelah itu barulah bertolak ke posisi-posisi babak akhir yang lebih susah. Pada dasarnya posisi yang praktis didasarkan pada posisi yang dipelajari secara teoritis. Sehingga Anda harus mempelajari posisi teoritis sehingga Anda mampu memainkan posisi yang praktis.

Bagi yang posisinya menang di endgame, jangan terlena dulu. Mungkin saja lawan Anda bisa membuat remis, tau-taunya bisa menang, kan sayang. Bagi yang posisinya agak lemah, jangan berputus asa dulu, mana tau lawan Anda kurang berhati-hati, hasilnya remis, kan lebih bagus daripada kalah kan?


  • Taktik (Tactics)
Ya, taktik. Inilah daya tarik catur. Kombinasi langkah yang indah, yang terkalkulasi secara mendalam, yang membuat para pecatur mengapresiasi taktik. Ini juga perlu dilatih. Bagaimana cara melatihnya? Dengan cara menyelesaikan posisi-posisi taktis. Dalam menyelesaikan posisi tersebut, usahakan Anda benar-benar mengkalkulasikan langkah yang Anda buat secara mendalam. Jangan main asal tebak. Inilah kesalahan utama dalam menyelesaikan taktik. Dengan main asal tebak, maka Anda kurang melatih kemampuan kalkulasimu, sehingga akan berdampak juga pada partai yang dimainkan. 

Kamu butuh mempelajari beberapa tema taktis dalam catur (tema tersebut dapat dilihat dari postingan blog sebelumnya) untuk menyelesaikan posisi tersebut. Dengan menyelesaikan posisi-posisi tersebut, diharapkan Anda semakin menguasai tema-tema taktis dan memperdalam kalkulasi.

Anda dapat melatih taktik Anda di lichess.org, arahkan kursor ke bagian Belajar, lalu klik Latihan. Sebenarnya masih banyak juga tempat untuk melatih taktik Anda, tetapi saya merekomendasikan lichess karena gratis. Masyarakat kita sukanya yang gratis kan? Tanpa dipungut biaya?

Ya, tetapi jangan taktik mulu, latih yang lain!



  • Strategi (Strategy)
Strategi. Aspek paling membosankan menurut saya. Sebenarnya bagian ini, bersama dengan taktik, , juga masuk ke dalam middlegame. Terkadang hal ini susah dimengerti, seseorang membuat suatu gerakan, dan beberapa langkah kemudian, dengan ajaibnya posisi seseorang tersebut berubah sedikit demi sedikit baik. Biasanya melatih hal ini butuh kesabaran yang lebih banyak dari hal-hal lainnya. Butuh waktu yang banyak untuk memahami makna dibalik langkah-langkah tersebut.

Saran saya, belajar cara menempatkan bidak Anda di posisi yang tepat dan harmonis menyerang lawan. Ini juga bagian dari strategi. Lalu berusaha membuat rencana yang baik dan melaksanakannya. Ingat, rencanamu bukan segalanya, terkadang lebih baik untuk mencegah rencana lawan Anda.

Ya, mungkin itu saja dulu, sekian dari saya. Latih hal-hal tersebut dan mulai memenangkan partai catur Anda! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar