Jumat, 12 Mei 2017

Taktik-taktik Dasar Catur yang Harus Kamu Tau (Bagian 2)

Ini adalah kelanjutan dari artikel "Taktik-taktik Dasar Catur yang Harus Kamu Tau (Bagian 1)". Kali ini saya akan memberikan dua taktik yang bisa dibilang ampuh untuk memenangkan permainan catur Anda: Discovered Attack dan Deflection. Sebelumnya bisa Anda baca Taktik-taktik Dasar Catur yang Kamu Harus Tau (Bagian 1)


A. Discovered Attack (Buka Selubung)

Taktik ini melibatkan bidak jarak jauh (benteng, peluncur, ratu) dan satu "teman" bidaknya. Bidak "temannya" menghalangi daerah yang diserangnya. Dan ketika bidak "temannya" digeser ke tempat yang membuat ancaman, maka sekaligus juga membuka jalan bagi bidak jarak jauh tadi. Intinya, taktik ini membuat ancaman dengan membuka jalan penyerangan bagi bidak jarak jauh dan membuat ancaman kedua dengan gerakan bidak temannya itu. Mungkin kata-kata saya terlalu berbelit-belit, maka saya sajikan gambar dibawah ini:

Taktik Buka Selubung
Giliran Hitam

Dalam permainan ini, Hitam memainkan Bg6#, membuka jalan penyerangan untuk benteng dan sekaligus memblok skak yang dibuat oleh benteng. Tentu saja, hasilnya skakmat. 

Satu contoh lagi:

Temukan taktik buka selubung dari gambar diatas!



B. Deflection (Pengalihan)

Taktik ini sangat berguna jika Anda ingin membuat suatu ancaman, tetapi ada bidak yang menghalangi kesuksesan Anda di papan catur. Jadi, taktik ini melibatkan satu bidak untuk mengalihkan perhatiannya, terus Anda bisa mengeksekusi taktik yang direncanakan.

Pengalihan
Hitam memainkan Qc6, mengancam benteng dan sekaligus mencoba mengalihkan pertahanan benteng yang sedang dijaga ratu putih. Putih memainkan Qxc6, langkah lain kalah. Sebelum mengambil ratu dengan pion, Hitam memainkan Rxd1 terlebih dahulu, Putih memainkan Kg2, barulah si Hitam mengambil ratu si Putih. Hitam sekarang punya 1 benteng lebih.

Satu contoh lagi sebelum kita selesai:

Temukan taktik pengalihan yang dapat memenangkan material pada permainan diatas!


Jika link jawaban diatas ada kesalahan, mohon diberitahu. 

Sebenarnya masih ada banyak taktik-taktik di catur yang lain. Saya akan mempostingnya apabila saya punya waktu. 
Dan juga taktik-taktik diatas dapat dicegah dengan langkah in-between. Itupun jika lawan tidak melihat langkah tersebut. Jadi jangan heran ketika taktik-taktik ini malahan akan menjadi bumerang yang sangat besar😀. Sekian.



Jawaban :
Taktik buka selubung :  1. Bxh7 Kxh7 2. Rxd8 dan sekarang Hitam kehilangan ratunya.
Taktik pengalihan : 1. Rh4! Rxg6 2. Rxh1+ Bd1 3. hxg6 . Varian 1. ...Qxh4 dapat dianalisis sendiri.




2 komentar:

  1. link jawaban keduanya mati pak, mohon diperbaiki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawaban sudah saya ganti, ada di bagian akhir dari artikel ini. Terima kasih, tetap mampir ke sini ya.

      Hapus